Read more: http://bloggy-tutorial.blogspot.com/2013/01/cara-membuat-meta-keyword-di-blogspot.html#ixzz2S9IKrlyT Under Creative Commons License: Attribution Mobil dan Motor Termahal di Dunia: mobil pertama kali di dunia

mobil pertama kali di dunia


Orang Indonesia pertama yang tercatat sebagai pemilik mobil adalah Sunan Solo, pada tahun 1894. Mobilnya bermerk Benz, tipe Carl Benz, beroda empat. Diperlukan waktu satu tahun persiapan pembuatannya, karena tipe ini memiliki banyak variasi sesuai dengan pesanan Sunan. John.C.Potter seorang penjual mobil mendapat kepercayaan untuk mengurusi pengirimannya dari Eropa.

Tahun 1907 salah seorang keluarga raja lain di Solo, Kanjeng Raden Sosrodiningrat membeli sebuah mobil merk Daimler. Mobil merk ini memang tergolong mobil mahal dan hanya dimiliki oleh orang-orang berkedudukan tinggi. Mobil ini bekerja dengan empat silinder sama dengan kendaraan yang dipakai oleh Gubernur Jenderal di Batavia.


Malahan ada kabar burung, bahwa dibelinya mobil Daimler tersebut oleh keluarga Sunan Solo, disebabkan karena Sunan tidak mau kalah gengsi dengan Gubernur Jenderal. Sebelumnya, ketika Gubernur masih menggunakan mobil merk Fiat atau sebuah kereta yang ditarik dengan 40 ekor kuda, tidak seorang pun berani menyainginya. Tetapi tiba-tiba saja Sunan Solo memesan mobil dari pabrik dan merk yang sama, Kanjeng Raden Sosrodiningrat memesan mobil Daimlernya lewat Prottel & Co.

Orang Indonesia lainnya yang juga dari keluarga kesultanan yang memiliki mobil pribadi ialah Sultan Ternate pada tahun 1913. Keinginannya untuk memiliki dan mengendarai sendiri ‘kereta setan’, setelah merasakan nikmatnya duduk di kendaraan merk King Dick yang dibawa oleh seorang Belanda dalam perjalanan keliling Maluku.

Sultan begitu terkesan dan langsung memesan sebuah mobil yang disesuaikan dengan kondisi daerahnya, tidak seperti King Dick yang beroda tiga, tetapi Sultan Ternate menginginkan kendaraan roda empat yang bisa dibawa kemana saja bila ia inginkan.

Ada juga orang Indonesia yang lain, sebagai pemilik mobil pertama untuk daerahnya, di Pekalongan. Namanya Raden Mas Ario Tjondro, Bupati Brebes. Di tahun 1904 mobilnya sudah kelihatan mondar-mandir di kotanya. Mobilnya merk Orient Backboard, mobil ini dilengkapi dengan persneling maju dan mundur. Tetapi hanya memiliki satu silinder dan berkekuatan delapan PK, serta menggunakan tenaga rantai untuk menggerakan roda-rodanya.
 
 Mobil tertua di dunia yang masih dapat berjalan dengan baik, yakni sebuah De Dion Bouton Et Trepardoux buatan tahun 1884 dengan tenaga uap, telah disiapkan untuk dijual dan diharapkan dapat laku 21 miliar dibawah ketukan palu dalam lelang bulan depan.

Mobil tenaga uap ini berusia 127 tahun, dan dibuat di Perancis pada tahun 1881 untuk Count De Dion, 12 tahun sebelum Henry Ford merakit mobil pertamanya.



Mobil yang dijuluki ‘La Marquise,’ untuk sebagai penghormatan De Dion kepada ibunya sendiri, mempunyai panjang sembilan kaki (2,7 meter) dan berat 950 kilogram, serta memiliki kecepatan maksimum 60 kilometer per jam.



Kendaraan ini membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk menghasilkan uap yang cukup agar bisa dikendarai. Bahan bakarnya menggunakan potongan-potongan kertas, kayu dan batu bara. Sementara roda logamya yang tipis dibungkus dengan karet padat.

Diketahui, Count De Dion memegang aset berharga ini sampai 1906, sebelum akhirnya menjualnya ke Henri Doriol, seorang perwira Prancis. Keluarga Doriol dimiliki ‘La Marquise’ untuk 81 tahun, namun gagal tetap membuat kendaraan ini berjalan setelah kehilangan kedua bagian tembaga dan kuningannya setelah perang di 1914.berpindah kepemilikan pada tahun 1987, Tim Moore, seorang anggota Veteran Car Club Inggris berhasil membuat mobil ini kembali berfungsi dalam waktu setahun.




Inilah Mobil Balap Pertama dan Tertua di Dunia

Inilah Mobil Balap Pertama dan Tertua di Dunia

Kupas Tuntas - Sebuah mobil langka yang diklaim sebagai salah satu mobil tertua yang masih dapat dijalankan menurut rencana akan di jual pada bulan depan. Mobil ini memiliki nilai historis yang sangat tinggi, yakni pernah berpartisipasi pada ajang balap mobil pertama kali di dunia.

Lomba balap mobil di dunia yang pertama kali diadakan adalah Paris-Rouen Trial yang diadakan pada tahun 1985. Namun sebelumnya juga sudah diadakan lomba serupa tingkat Eropa yang diadakan oleh sebuah majalah otomotif Prancis. Dalam ajang tingkat Eropa tersebut, www.zootodays.blogspot.com

Mobil ini menjadi satu-satunya mobil yang mampu bertahan hingga putaran terakhir. Saat itu, mobil ini mampu melaju hingga 37 mph. Namun sayangnya karena tidak ada peserta lain yang mampu bertahan hingga akhir lomba, maka dinyatakan tak ada pemenang dalam lomba tersebut.
Mobil ini memiliki mesin uap yang mampu menyimpan hingga 40 galon air. Dengan jumlah air sebanyak itu, mobil yang memiliki julukan La Marquise ini mampu berjalan sejauh 20 mil. Mobil ini akan segera dilelang pada 6 Oktober. Harga mobil ini diperkirakan akan mencapai 2 juta USD.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhsJBD8zI1MzuPS_WEXI0GLB8cobvEoPNNpHrmDT_ss-njy7Y3g5iMQkARmqxVoDsmMJRlwDztiLDv5ZmYVNyhfIQht7nNQrljF_nMjpOMYg7Ay3HT7j2lrf7I1a75ecHwxBy0Vn857Nw8O/

2 komentar: