Orang
Indonesia pertama yang tercatat sebagai pemilik mobil adalah Sunan Solo, pada
tahun 1894. Mobilnya bermerk Benz, tipe Carl Benz, beroda empat. Diperlukan
waktu satu tahun persiapan pembuatannya, karena tipe ini memiliki banyak
variasi sesuai dengan pesanan Sunan. John.C.Potter seorang penjual mobil
mendapat kepercayaan untuk mengurusi pengirimannya dari Eropa.
Tahun 1907 salah seorang keluarga raja lain di Solo, Kanjeng Raden Sosrodiningrat membeli sebuah mobil merk Daimler. Mobil merk ini memang tergolong mobil mahal dan hanya dimiliki oleh orang-orang berkedudukan tinggi. Mobil ini bekerja dengan empat silinder sama dengan kendaraan yang dipakai oleh Gubernur Jenderal di Batavia.
Tahun 1907 salah seorang keluarga raja lain di Solo, Kanjeng Raden Sosrodiningrat membeli sebuah mobil merk Daimler. Mobil merk ini memang tergolong mobil mahal dan hanya dimiliki oleh orang-orang berkedudukan tinggi. Mobil ini bekerja dengan empat silinder sama dengan kendaraan yang dipakai oleh Gubernur Jenderal di Batavia.
Malahan ada kabar burung,
bahwa dibelinya mobil Daimler tersebut oleh keluarga Sunan Solo, disebabkan
karena Sunan tidak mau kalah gengsi dengan Gubernur Jenderal. Sebelumnya,
ketika Gubernur masih menggunakan mobil merk Fiat atau sebuah kereta yang
ditarik dengan 40 ekor kuda, tidak seorang pun berani menyainginya. Tetapi
tiba-tiba saja Sunan Solo memesan mobil dari pabrik dan merk yang sama, Kanjeng
Raden Sosrodiningrat memesan mobil Daimlernya lewat Prottel & Co.
Orang Indonesia lainnya yang juga dari keluarga kesultanan yang memiliki mobil pribadi ialah Sultan Ternate pada tahun 1913. Keinginannya untuk memiliki dan mengendarai sendiri ‘kereta setan’, setelah merasakan nikmatnya duduk di kendaraan merk King Dick yang dibawa oleh seorang Belanda dalam perjalanan keliling Maluku.
Orang Indonesia lainnya yang juga dari keluarga kesultanan yang memiliki mobil pribadi ialah Sultan Ternate pada tahun 1913. Keinginannya untuk memiliki dan mengendarai sendiri ‘kereta setan’, setelah merasakan nikmatnya duduk di kendaraan merk King Dick yang dibawa oleh seorang Belanda dalam perjalanan keliling Maluku.
Sultan begitu terkesan dan
langsung memesan sebuah mobil yang disesuaikan dengan kondisi daerahnya, tidak
seperti King Dick yang beroda tiga, tetapi Sultan Ternate menginginkan
kendaraan roda empat yang bisa dibawa kemana saja bila ia inginkan.
Ada juga orang Indonesia
yang lain, sebagai pemilik mobil pertama untuk daerahnya, di Pekalongan.
Namanya Raden Mas Ario Tjondro, Bupati Brebes. Di tahun 1904 mobilnya sudah
kelihatan mondar-mandir di kotanya. Mobilnya merk Orient Backboard, mobil ini
dilengkapi dengan persneling maju dan mundur. Tetapi hanya memiliki satu
silinder dan berkekuatan delapan PK, serta menggunakan tenaga rantai untuk
menggerakan roda-rodanya.
Mobil tertua di dunia yang masih dapat berjalan dengan baik, yakni
sebuah De Dion Bouton Et Trepardoux buatan tahun 1884 dengan tenaga
uap, telah disiapkan untuk dijual dan diharapkan dapat laku 21 miliar
dibawah ketukan palu dalam lelang bulan depan.
Mobil tenaga uap ini berusia 127 tahun, dan dibuat di Perancis pada tahun 1881 untuk Count De Dion, 12 tahun sebelum Henry Ford merakit mobil pertamanya.
Mobil yang dijuluki ‘La Marquise,’ untuk sebagai penghormatan De Dion kepada ibunya sendiri, mempunyai panjang sembilan kaki (2,7 meter) dan berat 950 kilogram, serta memiliki kecepatan maksimum 60 kilometer per jam.
Kendaraan ini membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk menghasilkan uap yang cukup agar bisa dikendarai. Bahan bakarnya menggunakan potongan-potongan kertas, kayu dan batu bara. Sementara roda logamya yang tipis dibungkus dengan karet padat.
Diketahui, Count De Dion memegang aset berharga ini sampai 1906, sebelum akhirnya menjualnya ke Henri Doriol, seorang perwira Prancis. Keluarga Doriol dimiliki ‘La Marquise’ untuk 81 tahun, namun gagal tetap membuat kendaraan ini berjalan setelah kehilangan kedua bagian tembaga dan kuningannya setelah perang di 1914.berpindah kepemilikan pada tahun 1987, Tim Moore, seorang anggota Veteran Car Club Inggris berhasil membuat mobil ini kembali berfungsi dalam waktu setahun.
Mobil tenaga uap ini berusia 127 tahun, dan dibuat di Perancis pada tahun 1881 untuk Count De Dion, 12 tahun sebelum Henry Ford merakit mobil pertamanya.
Mobil yang dijuluki ‘La Marquise,’ untuk sebagai penghormatan De Dion kepada ibunya sendiri, mempunyai panjang sembilan kaki (2,7 meter) dan berat 950 kilogram, serta memiliki kecepatan maksimum 60 kilometer per jam.
Kendaraan ini membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk menghasilkan uap yang cukup agar bisa dikendarai. Bahan bakarnya menggunakan potongan-potongan kertas, kayu dan batu bara. Sementara roda logamya yang tipis dibungkus dengan karet padat.
Diketahui, Count De Dion memegang aset berharga ini sampai 1906, sebelum akhirnya menjualnya ke Henri Doriol, seorang perwira Prancis. Keluarga Doriol dimiliki ‘La Marquise’ untuk 81 tahun, namun gagal tetap membuat kendaraan ini berjalan setelah kehilangan kedua bagian tembaga dan kuningannya setelah perang di 1914.berpindah kepemilikan pada tahun 1987, Tim Moore, seorang anggota Veteran Car Club Inggris berhasil membuat mobil ini kembali berfungsi dalam waktu setahun.
Inilah Mobil Balap Pertama dan Tertua di Dunia
Inilah Mobil Balap Pertama dan Tertua di Dunia
Kupas Tuntas - Sebuah mobil langka yang diklaim sebagai salah satu mobil
tertua yang masih dapat dijalankan menurut rencana akan di jual pada bulan
depan. Mobil ini memiliki nilai historis yang sangat tinggi, yakni pernah
berpartisipasi pada ajang balap mobil pertama kali di dunia.
Lomba balap mobil di dunia yang pertama kali diadakan adalah
Paris-Rouen Trial yang diadakan pada tahun 1985. Namun sebelumnya juga sudah
diadakan lomba serupa tingkat Eropa yang diadakan oleh sebuah majalah otomotif
Prancis. Dalam ajang tingkat Eropa tersebut, www.zootodays.blogspot.com
Mobil ini menjadi satu-satunya mobil yang mampu bertahan hingga putaran
terakhir. Saat itu, mobil ini mampu melaju hingga 37 mph. Namun sayangnya
karena tidak ada peserta lain yang mampu bertahan hingga akhir lomba, maka
dinyatakan tak ada pemenang dalam lomba tersebut.
Mobil ini memiliki mesin uap yang mampu menyimpan hingga 40 galon air. Dengan
jumlah air sebanyak itu, mobil yang memiliki julukan La Marquise ini mampu
berjalan sejauh 20 mil. Mobil ini akan segera dilelang pada 6 Oktober. Harga mobil ini diperkirakan
akan mencapai 2 juta USD.
Cara terbaik utk seo itu seperti apa, contoh dibawah ini :
BalasHapusobat viagra
vimax original
pembesar penis
klg asli
obat viagra
jasa seo
obat viagra
VIMAX
viagra asli
postingan yang menarik, saya jadi tau mobil yang pertama di dunia fotonya seperti apa
BalasHapus